Kartu SIM Hilang? Begini Cara Mengurus Nomor 3 yang Hilang di 3 Store Yogyakarta| Sekedar Update

Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya yang kehilangan kartu SIM 3 beberapa waktu yang lalu. Ketledoran ini terjadi akibat seringnya ber-gonta ganti SIM pada HP yang hanya single sim, untuk menyesuaikan ketersediaan sinyal di daerah kerja saya. 

Sebelumnya saya adalah pengguna setia 3 sejak di bangku sekolah, hingga keadaan memaksa saya menggunakan operator lain ketika harus mesndaftar Internet Banking sebut saja Mandiri Online. Ternyata Internet Banking dari salah satu Bank BUMN ini hanya bisa digunakan dengan beberapa oprator saja, dan sialnya Nomor 3 yang saya punya tidak bisa digunakan.

Sehingga saya putuskan untuk membeli kartu perdana Telkomsel (AS) untuk mendaftar Mandiri Online. Keputusan ini ternyata sangat tepat karena setelah penempatan kerja, di sebuah Daerah di Kalimanan Timur hanya Telkomsel yang signalnya paling tokcer. 

Awalnya semua berjalan normal-normal saja, Katu SIM 3 dan Telkomsel saya gunakan di 2 HP yg berbeda, namun masalah timbul ketika salah satu HP Tua yang saya gunakan mulai ngadat dan memaksa untuk selalu memindah-mindahkan 2 buah SIM ke 1 buah HP yang masih bisa saya gunakan.

Karena sering gonnta-ganti kartu sim inilah yang membuat teldor sehingga Kartu Perdana 3 yang saya punya hilang. Padahal nomor ini yang saya gunakan untuk WA, Verifikasi GoMobile, CIMB Clicks serta beberapa akun lain yang sering saya gunakan.

Karena itulah pada tanggal 27 Juli 2019 saya putuskan untuk mengurus kartu yang hilang tadi. dengan mendatangi 3 Store Yogyakarta yg berlokasi di Jl. C. Simanjuntak Gondokusuman Yogyakarta, setelah sebelumnya berkonsultasi dengan 3Care Via Email:


GRATIS!
Ya.. Untuk mendapatkan Kartu Perdana denggan Nomor yang sama,sama sekali tidak dibutuhkan biaya sepeserpun alisa GRATIS TIS TIS TIS.. Hanya perlu niat dan sedikit pengorbanan jika 3 Store ternyata jauh dari lokasi anda.

SYARAT
Untuk bisa "menebus" kartu SIM yang baru dengan nomor yang sama ada syarat yang harus dipenuhi. Berikut adalah Syarat yang disampaikan Mbak Costumers Service pada saat itu:

1. Kartu SIM masih dalam Keadaan Aktif.
Jika anda tidak yakin apakah Nomornya masih aktif atau tidak, bisa menanyakan terlebih dahulu melalui Email 3Care seperti yang saya lakukan.


2. Menyebutkan paling tidak 1 Nomor yang sering dihubingi
Setelah menyebutkan Nomor yang hilang, Mbak CS akan memeriksa history panggilan kita, jika kamu bisa menyebutkan atau paling tidak mengenali nomor-nomor yang sering dihubungi maka pengaantian Kartu SIM dapat segera di proses.

Dalam kasus saya, setelah dicek ternyata nomor yang saya miliki tidak pernah digunakan untuk telefon (karena sering pakai WhatsApp). Sehingga ada syarat tambahan yang harus dipenugi yaitu:

3. Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian
Surat keterangan ini bisa diperoleh di kantor Polisi terdekat dan tidak dikenakan biaya, dengan hanya menunjukkan KTP dan beberapa keteranganterkait barang yang hilang, tempat kehilangan dan perkiraan waktu hilang. (5 Menit beres).




4. Mengisi Form
Form ini bisa di dapatkan di 3Store ketika kita bertemu dengan CS nya, kurang lebih formnya seperti ini:


Langkah-Langkah yang harus dilalui:
Berikut langkah-langkah yang harus kita lalui akibat kartu 3 hilang, untuk mendapatkan Kartu 3 baru dengan Nomor yang sama.


1. Datang Ke 3 Store Terdekat
3 Store tersebar di beberapa kota besar di indonesia, untuk melihat daftar lokasinya bisa akses ke web resmi 3. Untuk 3 Stroe Yogyakarta beralamat di Jl. C. Simanjuntak No.41, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Buka Setiap Hari pukul 08.00 - 19.00, Sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan waktu luangmu, betul?

2. Antri
Pada saat memasuki gedung akan disambut oleh sapaan hangat Pak Satpam yang tingkat keramahaannya setara dengan Satpam di bank-bank ternama. mantap!

Sambil menunggu giliran, kamu bisa pakai fasilitas wifi gratis yang disediakan (harus registrasi dengan nomor 3 / email terlebih dahulu).



3. It's Show Time!
Ketika giliran kita tiba, kita akan dipanggil dan akan dilayani oleh Mbak-mbak Costumers Servive yang dengan senang hati melayani keluh kesah kita.

Dalam kasus penggantian Kartu Perdana ini CS akan meminta syarat-syarat yang telah saya tulis diatas.

Kemudian CS akan mengurus semua berkas yang ada dengan sebuah tablet, dan singkat cerita pada  akhir sesi pengurusan kita akan diminta tanda tangan lagi untuk dokumen yang baru di Print, dan CS akan meminta foto kita dengan memegang KTP.


4. Finish
Setelah melalui itu semua kita akan diberikan Kartu Perdana yang telah diregistrasikan dengan Nomor lama kita.
Dengan waktu kurang dari 10 menit, Nomor lama kita yang hilang sudah ditangan dan bisa langsung digunakan tanpa perlu seting-seting lagi.

FAQ:

Apakah Nomor-nomor kontak yang tersimpan di Kartu SIM yang hilang akan kembali?

- Tidak. Nomor kontak yang tersimpan tidak akan bisa di kembalikan atau hilang permanen bersama dengan Kartu SIM yang hilang tersebut.

Apakah Pulsa yang Tersimpan akan hilang?

- Tidak, Pulsa yang tersisa akan secara otomatis berpindah ke kartu yang baru mengikuti nomor yang anda miliki.

Apakah Paket Internet akan Hilang?

- Tidak, Sama halnya dengan Pulsa, jika dalam nomor tersebut terdapat Paket Internet yang masih aktif makan Paket Internet tidak akan hangus dan masih bisa digunakan.

Berapa Biaya yang dibutuhkan?

- Seperti yang  sudah saya tulis diatas, bahwa untuk mengganti kartu sim yang hilang tidak dibutuhkan biaya sama sekali, alias GRATIS!


Artikel ini saya tulis berdasrkan pengalaman pribadi, dan sudah terbukti Kartu SIM yang baru memang bisa langsung digunakan dan sesuai dengan nomor kita yang hilang. Semoga pengalaman yang saya tulis disini dapat bermanfaat dan memberikan gambaran untuk teman-teman yang berniat mengurus kartu sim yang hilang dan mendapatkan kartu sim yang baru dengan nomor yang sama.

Sekian..

Tanyakan Apa yang perlu ditanyakan, Diskusikan apa yang perlu di diskusikan.
Cek Kolom Komentar Dibawah:


- D c N -
Sekedar Update
Kartu SIM Hilang? Begini Cara Mengurus Nomor 3 yang Hilang di 3 Store Yogyakarta| Sekedar Update Kartu SIM Hilang? Begini Cara Mengurus Nomor 3  yang Hilang di 3 Store Yogyakarta| Sekedar Update Reviewed by DIKA CAHYO NUGROHO on 8:35:00 pm Rating: 5

15 comments:

  1. Kak boleh kah saya bertanya, kartu Tri saya baru hilang... Saya mau ganti ... Tpi saya lupa itu atas nama siapa... Karna dulu kartu Tri saya ini kartu paket yang saya jadikan kartu telpon dll... Apa ada solusinya kak... Butuh respon cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasus nya sama dengan sy tp ternyata ga bisa karena harus sepengetahuan yg di regisyrr5 pertama kali

      Delete
    2. Gimana cara dapat kode kartu hilang bos

      Delete
  2. Ka kalo kartu tri eya hilang apa bisa di ganti Ama no yg sma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka nomor tri saya hilang sudah lama.. Apakah bisa di ganti sama nomor yang sama

      Delete
  3. Nomor saya sudah hilang selama 1 bulan dan saya lupa kapan terakhir isi pls,apakah itu gak papa..?
    Tolong infonya..

    ReplyDelete
  4. Bang, kartu saya hilang hampir satu setengah tahun. Apa masih bisa kalo ganti di 3store?

    ReplyDelete
  5. Gerai 3 di blitar di bukA donk

    ReplyDelete
  6. Saya lupa aktivasi dulu atas nama siapa....itu bagaimana ya

    ReplyDelete
  7. Kartu saya hilang, bisakah diganti secara online tanpa harus datang ke gerai 3?

    ReplyDelete
  8. Mba, kartu tri aku hilang 9 bulan yang lalu..apakah bisa diganti dengan nomor yang sama secara online ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Saya mau nanyak kak saya belik kartu yg sudah di registrasi tapi kehilangan kartu nya di karenakan hp nya hilang....apakah saya bisa pakek nomor yg lama tapi dengan kartu baru

    ReplyDelete
  10. Kartu saya hilang, saya Mao bikin baru dengan no yg sama, tapi di singkawang tidak ad pusat 3, jadi saya harus gimna ya, mnta sarannya donk 3 care

    ReplyDelete

Tanyakan apa yang perlu ditanyakan, diskusi apa yang perlu di diskusikan

Powered by Blogger.