Cara Mematikan (Turn OFF) Windows Defender | Sekedar Update

Windows Defender adalah aplikasi antivirus yang dikembangkan khusus oleh Microsoft untuk Sistem Operasi (OS) Windows. Cikal bakal Windows Defender ini sudah ada sejak generasi Windows Vista dan Windows 7 berupa software anti spy (mengamankan dari perangkat pengintai) yang diberi nama Microsoft SpyWare.

Ketika Windows 8 diluncurkan, Microsoft SpyWare ditingkatkan kemampuannya menjadi anti Virus. Software antivirus hasil peningkatan performa dari Microsoft SpyWare ini sangat mirip dengan Microsoft Security Essential, sehingga pada peluncuran Windows 8, Software anti virus Microsoft sebelumnya, yaitu  Microsoft Security Essentials digantikan oleh Windows Defender. Hingga saat ini (Windows 10) Microsoft masih menggunakan Windows Defender sebagai Anti Virus bawaan dengan kemampuan yang selalu ditingkatkan setiap waktunya.

Yaps.. Cukup segitu saja info tambahannya mengenai Windows Deefender, lanjut ke topik inti kali ini, yaitu  Menonaktifkan sementara Windows Defender. Loh, Untuk apa?. Terkadang kita perlu mematikan anti virus ini misalnya ketika kita menginstall software "aneh" yang terkadang Software tersebut malah terdeteksi sebagai virus oleh sang Windows Defender. Sehingga mau tak mau kita harus menonaktivkannya terlebih dahulu. lalu bagaimana langkah-langkahnya?, Simak artikel ini hingga titik darah penghabisan:

WARNING!!
ME-NONAKTIVKAN WINDOWS DEFENDER BERARTI MEMATIKAN SISTEM KEAMANAN PADA PC ANDA SEHINGGA RENTAN TERKENA VIRUS ATAU MALEWARE.


1. Buka menu pencarian (Search). atau tekan Windows+S.
2. Ketik "Virus & Threat Protection".


3. Klik Virus & Threat Protection, akan muncul tampilan seperti berikut:

4. Klik Menu setting di pojok kiri bawah.
5. Klik Virus & Threat Protection Settings, akan muncul tampilan seperti berikut:


6. Perhatikan pada bagian Real-time Protection, dan Windows Defender dapat dimatikan dengan mengklik Tombol disebelah "ON" :


7. Akan muncul Jendela Peringatan seperti berikut kemudian klik "Yes", dan Windows Defender telah dinon-aktivkan.


Untuk mengaktivkan Windows Defender kembali, langkahnya sama, kita hanya memindahkan Tombol yang tadinya OFF menjadi ON kembali.



Saran saya agar tidak terlalu lama mematikan Windows Defender agar terhindar dari "serangan" Virus dan Maleware, apalagi mematikan Windows Defender ketika kondisi PC Connect ke internet, itu sama saja "Mempersilahkan" Virus atau Maleware dari berbagai penjuru dunia untuk masuk dan menyerang PC kita yang sedang tidak ada "Tentara" yang menjaganya.

Disclaimer is Always ON!

Dika Cahyo N
Sekedar Update





Cara Mematikan (Turn OFF) Windows Defender | Sekedar Update Cara Mematikan (Turn OFF) Windows Defender | Sekedar Update Reviewed by DIKA CAHYO NUGROHO on 12:00:00 am Rating: 5

No comments:

Tanyakan apa yang perlu ditanyakan, diskusi apa yang perlu di diskusikan

Powered by Blogger.