Spesifikasi Lengkap Komatsu Excavators PC 200-8 LC | Sekedar Update

Komatsu Excavators PC200-8 LC
Salah satu Heavy Equipment yang cukup  populer di Indonesia adalah Komatsu. Di Indonesia pabrikan asal Jepang ini dipasarkkan oleh PT. United Tractors Tbk. (UNVR). Sebagai distributor tunggal merek Komatsu UT tidak hanya memasarkan produk Komatsu saja, namun juga turut menjammin ketersediaan suku cadang & memberikan After Seles Service untuk unit-unit yang mereka jual kepada konsumen.

Komatsu memproduksi berbagimacam Equipment untuk kepentingan kontruksi, perkebunan, pertambangan bahkan untuk militer. Salah satu equipment yang diproduksi Komatsu adalah Excavators. Meskipun memiliki banyak varian produk excavators komatsu mulai dari Small Equpment, Medium Equipment hingga Big Equipment pada kesempatan kali ini kita akan memberikan spesifikasi unit excavator dari lini Small Equpment, yaitu Komatsu PC 200.


Untuk lebih spesiiknya lagi, spesifikasi unit Excavator berikut ini adalah spesifikasi untuk unit PC200LC-8.

General
Sebelum masuk ke spesifikasi teknis, Akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu kenapa dinamakan Komatsu PC 200 LC - 8. ini adalah kode penamaan unit dari komatsu, seara singkat daoat dijelaskan seperti berikut:

PC 200 LC -8
  • PC : Mengindikasikan kode unit Komatsu untuk jenis Hydraulic Excavators
  • 200:  Mengindikasikan berat total unit siap oprasi termasuk didalamnya fuel, oil, watter coolent dan Operatornya, Yaitu 200 x 0.1 = 20 Ton.
  • LC : Menunjukkan perlengkapan kerja yang digunakan oleh Excavators Tersebut, hingga saat ini ada 2 jenis yaitu LC dan LLC. 
    • LC : Long Track
    • LLC : Super Long Track
  • -8 : Menunjukkan generasi unit tersebut yaitu generasi ke 8, atau menunjukkan bahwa telah dilakukan modivikasi / penyempurnaan pada unit tersebut sebanyak 7 X dari generasi pertamanya.
Engine
PC200LC-8 Menggunakan engine dengan model Komatsu SAA6D107E-1, Dari kode engine tersenut kita dapat mengetahui beberapa hal yaitu Engine tersebut menggunakan Turbo charger & aftercooled, water cooled 4 cycle direct incetcion  memiliki jumlah cylinder 6 buah inline (segaris), diameter liner 107 mm, sudah menggunakan teknologi low emission sehingga ramah lingkungan dan merupakan engine yang telah mengalami modifikasi sebanyak 1 x. Cara membaca kode engine komatsu dapat dilihat pada artikel sebelumnya.

Lebih jelasnya bisa dilihat pada Spesifikasi Engine PC200LC-8 Berikut:
Spesifikasi Engine Komatsu Excavators PC200-8 LC

Hydraulic System
Spesifikasi Hydraulic System pada unit PC200LC-8 menggunakan Type HydrauMid yang dilengkapi dengan Load sensing valve. Sistem Hydraulik tak ubahnya seperti aliran darah pada manusia, Hydraulic Oil digerakkan oleh jantung berupa 1x Hydraulic Pump dengan type Variable Displacement Piston Pump. 

Hydraulic Pump pada PC200-8 ini mensuplay beberapa komponen yaitu Cylinder Boom, Cylinder Arm, dan Cylinder Bucket. Selain itu terdapat 2 Hydraulic Motor yang juga disuplay oleh Pompa tersebut, yaitu 2x Traverl Motor  dan 1x Swing motor (Swing Machinery) berjenis Axial Piston Motors .

Berikut Spesifikasi Hydraulic System PC200-8 :
Spesifikasi Hydraulic System Komatsu Excavators PC200-8 LC

Fuel Coolanr & Lubricant
Berikut adalah Kapasitas Fuel Coolent & Oil beserta Jenis Oli yang digunakan:
  1. Engine : 25.4 Liter ( Engine Oil: SAE 0W-30EOS, SAE 5W-40EOS, SAE 10W-30DH, SAE 15W 40DH, SAE 30DH)
  2. Swing Machinery: 7.1 Liter ( Power Train Oil : TO30)
  3. Final Drive: 3.8 Liter ( Power Train Oil: SAE / TO 30)
  4. Hydraulic : 237 Liter ( Power Train Oil: SAE / TO 30, Hydraulic Oil: HO46-HM)
  5. Radiator / Cooling System: 20.3 Liter (AF-NAC)
  6. Fuel Tank : 400 Liter ( Diesel Fuel)
Perlu diketahui bahwa kapsitas diatas adalah kapasitas pebuh jika diisi dari kosong, akan beda jumlahnya jika mengganti oli saja, pada tabel berikut akan ditampilkan Kapasitas Refill oil (isi ulang),dan Interval Penggantian oli untuk unit Komatsu PC200-8:
  1. Fuel Coolant & Lubricant Komatsu Excavators PC200-8 LC


Drives & Brakes
Kecepatan Travel PC200-8 masimal 5.5Km/h, kecepatan maksimal ini dapat dicapai ketika dalam mode High, sedangkan untuk mode Low kecepatan terendah PC200-8 saat travel adalah 3Km/h.

Berikut Spesifikai Drives & Brakes untuk PC200-8:
Spesifikasi Drives & Brakes Komatsu Excavators PC200-8 LC

Bucket Capacity
Kapasitas Bucket PC200-8 pada kondisi standard adalah 0.8 m3. namun dari pabrikan tidak mematok angka pasti untuk kapasitas bucket, kapasitas bucket dapat disesuaikan dengan kebutuhan tentu dengan melihat beberapa faktor, seperti Type Bucket atau Spesifikasi (jenis) Arm yang digunakan.

berikut adalah tabel Kapasitas Bucket PC200-8 :
Bucket Capacyty Komatsu Excavators PC200-8 LC
Dimention
Spesifikasi PC200-8 yang terakhir adalah Diemnsi unit PC200-8, Dimensi unit dapat dilihat pada gambar berikut.

Dimension Komatsu Excavators PC200-8 LC

Mungkin  itu saja yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, jikia ingin tahu lebih rinci mengnai spesifikasi dari unit Komatsu PC200-8 ini dapat dilihat di Shop Manual unit tersebut.





Tanyakan Apa yang perlu ditanyakan, Diskusikan apa yang perlu di diskusikan. 
Cek Kolom Komentar Dibawah: 


- D c N - 
Sekedar Update



Spesifikasi Lengkap Komatsu Excavators PC 200-8 LC | Sekedar Update Spesifikasi Lengkap Komatsu Excavators PC 200-8 LC | Sekedar Update Reviewed by DIKA CAHYO NUGROHO on 1:40:00 am Rating: 5

1 comment:

  1. permisi. tanpa ada rasa merendahkan. saya cuma mau memastikan kalo PT UNITED TRACTOR Tbk itu UNTR bukan UNVR. Kalo UNVR itu kode saham UNILEVER. Cmiiw

    ReplyDelete

Tanyakan apa yang perlu ditanyakan, diskusi apa yang perlu di diskusikan

Powered by Blogger.