Cara Baca Kode Engine Komatsu | SAA6D170E-5 SAA12V140E-3

Salah satu Heavy Equpment yang paling banyak ditemui adalah Komatsu. Di Indonesia sendiri merek Komatsu dipegang oleh PT. United Tractors member of ASTRA tentunya.

Karna berada dibawah naungan nama  besar Astra tentu sedikit banyak mendongkrak "gengsi" dari merek Komatsu sendiri. Melalui PT United Tractrs Tbk, reputasi Komatsu perlahan dibangun di Indonesia. alhasil sekarang Merek Komatsu sudah menjadi pemain utama di kancah per alat beratan di Indonesia, bahkan bisa dikatakan mampu mngimbangi bahkan mengungguli rivalnya seperti Liebherr & Hitachi.

Kabarnya, kesuksean Komatsu di Indonesia berkat dukungan dari UT yang jorjoran untuk mempromosikan produk asal jepang tersebut, bahkan ketika UT memasarkan product Komatsu, mereka berani memberikan jaminan support penuh kepada unit yang mereka jual kepada konsumen. tak heran jika disetiap project yang menggunakan Komatsu sebagai alat "cangkul" utamanya disitu pula terdapat kantor cabang UT yang siap membackup unit tersebut selama beroprasi.

Support yang diberikan bukan hanya jamianan ketersediaan suku cadang yang dibutuhkan konsumen dalam waktu yang cepat, namun juga terdapat mekanik mereka yang kapan saja bisa dihubungi dan langsung bisa merapat jika unit yang mereka backup mengalami kerusakan.

Komatsu adalah merek besar yang memiliki banyak jenis produk, mulai dari Excavator, Dump Truck, BullDozer, Motor Greader dll. produk-produk tersebut pun memiliki variannya masing-masing, dari mulai yang terkecil hingga yang paling besar. begitupula dengan Engine, Engine yang digunakan juga memiliki jenis yang bermacam-macam.

Meskipun memiliki banyak varian engine, namun komatsu memiliki standard untuk memberikan kode pada setiap engine yang terpasang pada produknya. hal ini tentu mempermudah kita untuk mngidentifikasi engine tersebut, bahkan kita bisa mengetahui spesifikasi engine tersebut hanya dengan membaca kodenya.

Berikut dijelaskan cara membaca kode engine Komatsu, kita ambil contoh Engine milik PC 1250 yang dipakai juga di HD 465 memiliki kode SAA6d170E-5.


Image result for SAA6D170E-5SAA6D170E-5
  • S     : Turbo Charger
  • A    : Aftercooler
  • A    : Intercooler
  • 6     : 6 buah cylinder
  • D    : (Direct) Konvigurasi in line / sejajar
  • 170 : Diameter Cylinder Liner (mm)
  • E    : Low Emission
  • -5   : Generasi (modifikasi) ke - 5
Jadi dari kode engine tersebut kita dapat mengetahui bahwa Engine tersebut dilengkapi dengan Turbo Charger (S), udara yang masuk ke ruang bakar didinginkan dengan coolant (watter) dari radiaor (aftercoolr) (A) dan udara (intercooler) (A). Jumlah Cylinder (6) ada 6 buah yang disusun segaris / in line (D) yang mana masing-masing cylinder memiliki diameter 170mm. Sedangkan huruf E artinya engine tersebut telah menggunakan teknologi rendah emisi sehingga dikalim lebih ramah lingkungan. dan -5 menunjukkan generasi dari engine tersebut, atau dengan kata lain engine tersebut telah mengalami perubahan yang ke 4 kalinya.

Intinya pengkodean Engine Komatsu tergantung spesifikasi engine itu sendiri, sebagai contoh ada engine yang tidak memiliki after cooler maupun inter cooler yaitu engine untuk motot grader GD 825A-2 yang memeiliki engine symbol S6D140E-2. Hampir sama dengan konvigurasi engine sebelumnya, hanya tidak terdapat huruf AA pada kode engine tersebut.

Selebihnya kurang lebih samasaja, yang membedakan mungkin pada angka jumlah cylinder, diametr cylinder, banyaknya modifikasi yang telah dialami engine tersebut dan satu lagi,..

Komatsu hingga saat ini memiliki 2 jenis konvigurasi engine, yang pertama inline atau segaris (seperti pada contoh) dan engine dengan konvigurasi V (V Engine) seperti yang terpasang pada HD 785 & PC 2000, jika In line (Direct) disimbolkan dengan D, Maka untuk V engine disimbolkan dengan Huruf V.

Berikut engine yang digunakan oleh  HD785 & PC2000

SAA12V140E-3

  • S     : Turbo Charger
  • A    : Aftercooler
  • A    : Intercooler
  • 12   : 12 buah cylinder
  • V    : Konvigurasi V engine
  • 140 : Diameter Cylinder Liner (mm)
  • E    : Low Emission
  • -3   : Generasi (modifikasi) ke - 3
Sudah cukup jelas??
mungkin itu saja yang bisa saya bagikan untuk ssat ini, jika ada pertanyaan atau saran artikel selanjtnya silakan langsung bisa disampaikan. semoga dapat bermanfaat & menjadikan kalian lebih up to date.



Tanyakan Apa yang perlu ditanyakan, Diskusikan apa yang perlu di diskusikan. 
Cek Kolom Komentar Dibawah: 


- D c N - 
Sekedar Update

Cara Baca Kode Engine Komatsu | SAA6D170E-5 SAA12V140E-3 Cara Baca Kode Engine Komatsu | SAA6D170E-5 SAA12V140E-3 Reviewed by DIKA CAHYO NUGROHO on 12:49:00 am Rating: 5

No comments:

Tanyakan apa yang perlu ditanyakan, diskusi apa yang perlu di diskusikan

Powered by Blogger.